Simulasi Angsuran Mitsubishi Xpander Slawi
Dikala ini, Mitsubishi Xpander Hadir dalam lima varian; merupakan Mitsubishi Xpander GLX (M/T Only), Mitsubishi Xpander GLS, Mitsubishi Xpander Exceed, Mitsubishi Xpander Sport, dan Mitsubishi Xpander Ultimate (A/T Only). Untuk lebih jelasnya, simak tabel harganya di bawah ini.
TYPE | HARGA |
---|---|
XPANDER ULTIMATE CVT | 306580000 |
XPANDER SPORT CVT | 304180000 |
XPANDER SPORT MT | 290300000 |
XPANDER EXCEED CVT | 278900000 |
XPANDER EXCEED MT | 270250000 |
XPANDER GLS CVT | 265780000 |
XPANDER GLS MT | 256400000 |
HARGA XPANDER CROSS Slawi
TYPE | HARGA |
---|---|
NEW XPANDER CROSS CVT PREMIUM PACKAGE | 327680000 |
NEW XPANDER CROSS CVT | 315600000 |
NEW XPANDER CROSS MT | 300950000 |
Spesifikasi Mitsubishi Xpander
Mesin Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve | |
Kapasitas Silinder | 1.499 cc | |
Tenaga Maksimum | 103 HP @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 141 Nm @ 4.000 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 13,4 detik | |
Konsumsi Bahan Bakar | 12 km/l (dalam kota), 20,2 km/l (luar kota) | |
Transmisi | Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan | |
Sistem Penggerek | Front-wheel-drive |
Dimensi Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
P x L x T | 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm | |
Wheelbase | 2.775 mm | |
Ground Clearence | 205 mm | |
Radius Putar | 5,2 m |
Kaki-Kaki dan Suspensi Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam | |
Pelek | Two-tone Alloy 16 inch | |
Rem Depan/Belakang | Disc Brake & Drum Brake | |
Ukuran Ban | 205/55 R16 |
Mitsubishi Xpander pertama kali disampaikan satu tahun sebelumnya melewati XM Concept yang dipamerkan di GIIAS 2016. Versi produksinya debut di GIIAS 2017, dan legal dijual pada 3 Oktober 2017.Tidak hanya di Indonesia,Mitsubishi Xpander juga hadir di Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei, sampi negara Amerika selatan seperti Bolivia dan Peru.
Sebagai rekanan satu aliansi, Nissan rebadge Mitsubishi Xpander menjadi Livina generasi kedua yang debut pada bulan Februari 2019.
Kecuali LMPV, Mitsubishi Xpander juga dijual dengan bentuk LSUV, yang diperkenalkan pertengahan 2019 dengan nama Mitsubishi Xpander Cross.
Dan untuk merayakan 100.000 unit yang telah terjual, Mitsubishi Xpander hadirkan varian Limited Edition yang berbasis dari trim Ultimate dengan tambahan bodykit. Empat ini cuma dijual 1.000 unit, dan diperkenalkan di GIIAS 2019.
Eksterior Mitsubishi Xpander
Eksterior Mitsubishi Xpander Lebih Futuristik dan Modern
Mitsubishi Xpander menerima facelift pada awal 2020. Kita mulai dari depan, secara keseluruhan tampilan Mitsubishi Xpander terlihat betul-betul keren dan futuristis berkat desain Dynamic Shield, yang menjadi identitas line-up terbaru Mitsubishi.
Di bagian atas, kita akan menemukan lampu DRL (Daytime Running Lights) teknologi LED hadir dengan desain menyipit, dan menyatu ke upper grille dengan finishing chrome dan piano black yang memberikan kesan elegan tapi tangguh.
Turun sedikit ke komponen tengah, kita akan menemukan lampu utama yang sekarang telah mengadopsi teknologi LED. Lampu teknologi ini menghasilkan penerangan lebih bagus ketika mengemudi, terutamanya di malam hari, tenaga yang dibutuhkan juga tidak sebesar lampu Halogen.
Di komponen bawah, desain bumper bawahnya kelihatan sangat tegas yang yakni karakteristik desain Dynamic Shield. Kesan macho khas SUV hadir dengan hadirnya guardrail, yang menjadi tempat peletakan foglamp.
Beralih ke samping, kesan macho dihadirkan dengan sedikit lekukan overfender, dan garis tegas yang membentang dari pintu depan menuju lampu mobil, dan dari bumper depan ke bumper belakang. Kesan dinamis kian ditonjolkan dengan pengaplikasian pelek 16 inci dual-tone, yang disegarkan untuk teladan tahun 2020.
Pindah ke belakang, kita masih menikmati aura Dynamic Shield di komponen buritan kendaraan beroda empat, yang membuatnya terlihat keren dan agresif. Desain lampu belakang menonjol seperti huruf L, dan juga hadir dengan teknologi LED. Dan pada walhasil, desain bumper belakang dengan reflektor dan rear guardrail tampak semacho SUV.
Interior Mitsubishi Xpander
Setelah puas membahas eksterior Mitsubishi Xpander yang sungguh-sungguh impresif, kita beralih ke bagian interior. Berbeda dengan tampilan luar yang betul-betul agresif dan macho, kabin mobil justru terasa lebih hening.
Hal ini dikarenakan konsep interior dual-tone, yang mana komponen atas didominasi warna hitam dengan bagian bawah diberi sentuhan beige, dengan sedikit aksen kayu di dashboard. Khusus untuk Mitsubishi Xpander sport, Anda akan menemukan kabin serba hitam.
Desain dashboardnya sendiri nampak cukup elegan, di mana bagian tengahnya menjadi rumah dari head unit berukuran 7 inci yang telah mendukung konektivitas telepon pintar seperti integrasi Apple CarPlay dan Android Auto.
Soal keluaran suaranya juga sudah amat bagus, apalagi dengan enam speaker yang terdiri dari dua tweeter dan empat speaker menjanjikan pengalaman memperdengarkan musik yang cukup impresif. Belum lagi hadir pengaturan equalizer yang bisa membatasi keluaran suara sesuai dengan selera alat pendengaran Anda.
Di bawahnya, Anda akan menemukan dua buah lubang AC dengan lampu hazard di tengah. Sayang, pengontrol AC Mitsubishi Xpander masih teladan konvensional, belum komputerisasi seperti pesaingnya.
Beralih ke kokpit, Anda akan lebih mudah mendapat posisi mengemudi pas dengan penguasaan setir tilt dan telescopic.
Di balik setir kita dapat memperhatikan speedometer dan tachometer contoh analog, yang dipadukan dengan MID komputerisasi yang cakap menampakkan berjenis-jenis macam kabar mulai dari konsumsi bbm, trip a-b, dan lainnya.
Dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm, Mitsubishi Xpander memiliki dimensi paling besar di kelasnya. Hal ini lantas berpengaruh pada ruang kabin yang amat luas, yang dapat memberi ruang yang cukup lega untuk 7 orang dewasa.
Luasnya kabin Mitsubushi Xpander juga memberi keleluasaan lebih untuk penghuni baris kedua yang dapat mengontrol posisi duduknya dengan fitur sliding dan reclining, dan apabila bangku tengah baris kedua tidak diterapkan, Anda bisa menurunkan arm rest untuk kenyamanan dalam perjalanan jauh.
Soal kepraktisan, Mitsubishi Xpander juga boleh berbangga hati dengan sempurna 18 slot penyimpanan di ketiga baris mobil. Mulai dari glove box, side pocket, sampai daerah penyimpanan di bawah kursi dan bagasi. Hadir juga tiga buah power socket yang terbagi di tiap baris tempat duduk, memudahkan Anda untuk mengisi daya gadget di manapun Anda duduk.
Fitur Keamanan Mitsubushi Xpander Mumpuni
Mitsubushi Xpander mempunyai fitur RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) dan HSA (Hill Start Assist) yang meSelain punya desain body yang betul-betul keren, Mitsubishi Xpander juga dirancang dengan keamanan sebagai konsentrasi. Mitsubishi mengadopsi teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), konstruksi rangka yang sudah jadi standar di line-up Mitsubishi kekinian.
Untuk fitur keamanan pasif, dual-SRS Airbag telah menjadi standar di semua varian, begitu juga dengan sabuk pengaman tiga spot yang mengakomodir ketujuh penumpang.
Soal fitur keamanan aktif, Mitsubishi Xpander menyematkan Anti-lock Braking System (ABS) sebagai standar di segala fitur, seperti itu juga dengan Emergency Berhenti Signal System (ESS), yang secara otomatis menyalakan lampu hazard ketika mengerem dalam kondisi darurat.
Khusus Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate, ABS yang hadir juga telah dilengkapi Brake Assist (BA), hadir juga fitur bantuan mengemudi lainnya seperti Hill Start Assist (HSA) dan Active Stability Control (ASC).
Mesin dan Performa
Mitsubishi Xpander menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.499 cc dengan kode 4A91 dengan teknologi pengendalian katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Tenaga yang diwujudkan berkisar 103 HP yang diperoleh di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang diperoleh di 4.000 rpm.
MIVEC sendiri yakni teknologi yang dioptimalkan Mitsubishi untuk mewujudkan tenaga optimum di berbagai situasi jalan, baik itu perkotaan yang identik dengan kemacetan ataupun jalan tol. Hasilnya, kinerja dan konsumsi BBM dapat dikembangkan di ketika beriringan.
Sebagai catatan, mesin ini hadir dalam dua pilihan transmisi. Otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.
Daya dan handling Mitsubushi Xpander
Dalam tes ini, kita akan membahas bagaimana performa dan handling Mitsubishi Xpander transmisi otomatis. Secara akselerasi, mobil ini umum saja, dari 0-100 km/jam menghabiskan waktu 13,8 detik.
Melainkan, hal tersebut terobati dengan tenaga yang cukup responsif sejak putaran bawah, dengan perpindahan gigi yang terasa lembut, tak ada yang namanya hentakan khas kendaraan beroda empat otomatis terjadi di sini.
Secara handling, Mitsubishi Xpander bahkan cukup impresif berbekal metode kemudi Electronic Power Steering (EPS), yang membikin setir terasa ringan tetapi dengan feedback yang oke.
Sementara itu, pemilihan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam yang diterapkan oleh Mitsubushi Xpander sepertinya disetting lebih soft, hasilnya kabin kendaraan beroda empat masih terasa amat nyaman dikala melintasi jalan yang tidak begitu ideal, malah dengan beban enam orang di dalam mobil.
Konsumsi bahan bakar Mitsubushi Xpander
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Dalam Kota : 12 km/liter
Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander juga termasuk efisien, kami mencoba di jalur perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, alhasil 12 km/l tercatat di MID.
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Luar Kota : 19,8 km/liter
Padahal untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/jam, konsumsi bensin malah kapabel meraba 19,8 km/l. Angka yang betul-betul impresif untuk sebuah LMPV.
Kesimpulan
Mitsubishi Xpander hadir sebagai game changer dalam persaingan LMPV. Hadir dengan desain yang betul-betul futuristik dan out-of the box, dipadukan kemewahan interior dan powertrain yang cukup mumpuni, rasanya kendaraan beroda empat ini bisa dilirik seandainya Anda mencari sebuah LMPV baru.Bukan itu saja, Mitsubishi Xpander juga sudah memakai teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve-timing Electronic Control). Teknologi hal yang demikian tepat sasaran membikin mesin mobil menjadikan energi yang lebih besar, melainkan dengan masih menekan konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, Mitsubishi Xpander ini bisa lebih hemat konsumsi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.
0 Komentar