Dapat dibilang sebagai ‘Giant Killer’, kehadiran Mitsubishi Xpander lantas berdampak pada penjualan MPV kompak yang sebelumnya hanya dikontrol Toyota Avanza. Dengan berjenis-jenis varian yang ditawarkan, harga Mitsubishi Xpander 2020 diawali dari Rp217 jutaan untuk Mitsubishi Xpander GLX M/T yang menjadi varian entry level. Banderolnya meningkat menjadi Rp275 jutaan untuk Mitsubishi Xpander Utimate A/T.Mitsubishi Xpander mendapatkan kompetisi sengit di pasar MPV kompak Tanah Air. Diproduksi oleh Mitsubishi di Indonesia dan diekspor ke negara tetangga, Mitsubishi Xpander berada di klasifikasi MPV Segmen C dengan kabin yang lapang dan fitur yang cukup komplit. Dengan beragam varian yang ditawarkan, Mitsubishi Xpander hanya mengandalkan mesin 4A91 1.5L MIVEC 4-silinder sejak generasi pertama dipasarkan 17 Juli 2017.Kompetisi pasar LMPV makin mengasyikan dengan hadirnya Mitsubishi Xpander yang dipersembahkan pada 24 Juli 2017, dan seketika memberi dimensi lain pada segmen kendaraan beroda empat sejuta umat ini.Berbekal model yang betul-betul futuristik, Mitsubishi Xpander langsung diterima pasar dan laku keras. Bagaimana tak, tercatat pada 2019, penjualan mobil ini telah meraba angka 100.000 unit.
Sales Mitsubishi Mitsubishi Xpander Pekalongan

Sales Mitsubishi Mitsubishi Xpander Pekalongan

Saat ini, Mitsubishi Xpander Hadir dalam lima varian; merupakan Mitsubishi Xpander GLX (M/T Only), Mitsubishi Xpander GLS, Mitsubishi Xpander Exceed, Mitsubishi Xpander Sport, dan Mitsubishi Xpander Ultimate (A/T Only). Untuk lebih jelasnya, simak tabel harganya di bawah ini.

TYPEHARGA
XPANDER ULTIMATE CVT306580000
XPANDER SPORT CVT304180000
XPANDER SPORT MT290300000
XPANDER EXCEED CVT278900000
XPANDER EXCEED MT270250000
XPANDER GLS CVT265780000
XPANDER GLS MT256400000

HARGA XPANDER CROSS Pekalongan

TYPEHARGA
NEW XPANDER CROSS CVT PREMIUM PACKAGE327680000
NEW XPANDER CROSS CVT315600000
NEW XPANDER CROSS MT300950000
Ket :
Harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
Hubunngi:  ARYO
whatsaapp : 082326691646

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Mesin Mitsubishi Xpander
Tipe Mesin 4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve
Kapasitas Silinder 1.499 cc
Tenaga Maksimum103 HP @ 6.000 rpm 
Torsi Maksimum 141 Nm @ 4.000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam13,4 detik
Konsumsi Bahan Bakar12 km/l (dalam kota), 20,2 km/l (luar kota)
TransmisiOtomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan
Sistem Penggerek Front-wheel-drive
Dimensi Mitsubishi Xpander
P x L x T 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm
Wheelbase2.775 mm
Ground Clearence205 mm
Radius Putar5,2 m
Kaki-Kaki dan Suspensi Mitsubishi Xpander
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam
PelekTwo-tone Alloy 16 inch
Rem Depan/BelakangDisc Brake & Drum Brake
Ukuran Ban205/55 R16

Mitsubishi Xpander pertama kali disajikan satu tahun sebelumnya melewati XM Concept yang dipamerkan di GIIAS 2016. Versi produksinya debut di GIIAS 2017, dan legal dipasarkan pada 3 Oktober 2017.Tidak cuma di Indonesia,Mitsubishi Xpander juga hadir di Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei, sampi negara Amerika selatan seperti Bolivia dan Peru.

Sebagai rekanan satu aliansi, Nissan rebadge Mitsubishi Xpander menjadi Livina generasi kedua yang debut pada bulan Februari 2019.

Selain LMPV, Mitsubishi Xpander juga dijual dengan bentuk LSUV, yang diberi tahu pertengahan 2019 dengan nama Mitsubishi Xpander Cross.

Dan untuk merayakan 100.000 unit yang sudah terjual, Mitsubishi Xpander hadirkan varian Limited Edition yang berbasis dari trim Ultimate dengan tambahan bodykit. Empat ini hanya dijual 1.000 unit, dan dikenalkan di GIIAS 2019.

Eksterior Mitsubishi Xpander

Eksterior Mitsubishi Xpander Lebih Futuristik dan Modern

Mitsubishi Xpander mendapatkan facelift pada permulaan 2020. Kita mulai dari depan, secara keseluruhan tampilan Mitsubishi Xpander menonjol sungguh-sungguh keren dan futuristis berkat desain Dynamic Shield, yang menjadi identitas line-up terupdate Mitsubishi.

Di komponen atas, kita akan menemukan lampu DRL (Daytime Running Lights) teknologi LED hadir dengan desain menyipit, dan menyatu ke upper grille dengan finishing chrome dan piano black yang memberikan kesan elegan tapi tangguh.

Turun sedikit ke komponen tengah, kita akan menemukan lampu utama yang sekarang sudah mengadopsi teknologi LED. Lampu teknologi ini menciptakan penerangan lebih baik saat mengemudi, terpenting di malam hari, daya yang diperlukan juga tak sebesar lampu Halogen.

Di komponen bawah, desain bumper bawahnya tampak betul-betul tegas yang merupakan karakteristik desain Dynamic Shield. Kesan macho khas SUV hadir dengan hadirnya guardrail, yang menjadi tempat peletakan foglamp.

Beralih ke samping, kesan macho dihadirkan dengan sedikit lekukan overfender, dan garis tegas yang memrentang dari pintu depan menuju lampu kendaraan beroda empat, dan dari bumper depan ke bumper belakang. Kesan dinamis semakin ditonjolkan dengan penerapan pelek 16 inci dual-tone, yang disegarkan untuk model tahun 2020.

Pindah ke belakang, kita masih merasakan aura Dynamic Shield di komponen buritan kendaraan beroda empat, yang membuatnya terlihat keren dan agresif. Desain lampu belakang terlihat seperti huruf L, dan juga hadir dengan teknologi LED. Dan pada kesudahannya, desain bumper belakang dengan reflektor dan rear guardrail kelihatan semacho SUV.

Interior Mitsubishi Xpander

interior mitsubishi xpander & Sales Mitsubishi Mitsubishi Xpander Pekalongan

Sesudah puas membahas eksterior Mitsubishi Xpander yang betul-betul impresif, kita beralih ke komponen interior. Berbeda dengan tampilan luar yang amat agresif dan macho, kabin mobil justru terasa lebih hening.

Hal ini dikarenakan konsep interior dual-tone, yang mana komponen atas didominasi warna hitam dengan bagian bawah dikasih sentuhan beige, dengan sedikit aksen kayu di dashboard. Khusus untuk Mitsubishi Xpander sport, Anda akan menemukan kabin serba hitam.

Desain dashboardnya sendiri kelihatan cukup elegan, di mana bagian tengahnya menjadi rumah dari head unit berukuran 7 inci yang sudah mendukung konektivitas smartphone seperti integrasi Apple CarPlay dan Android Auto.

Soal keluaran suaranya juga telah sangat bagus, apalagi dengan enam speaker yang terdiri dari dua tweeter dan empat speaker menjanjikan pengalaman memperdengarkan musik yang cukup impresif. Belum lagi hadir pengaturan equalizer yang dapat mengendalikan keluaran suara pantas dengan selera alat pendengaran Anda.

Di bawahnya, Anda akan menemukan dua buah lubang AC dengan lampu hazard di tengah. Sayang, pengontrol AC Mitsubishi Xpander masih figur konvensional, belum komputerisasi seperti pesaingnya.

Beralih ke kokpit, Anda akan lebih gampang memperoleh posisi mengemudi tepat dengan penguasaan setir tilt dan telescopic.

Di balik setir kita dapat melihat speedometer dan tachometer teladan analog, yang dipadukan dengan MID digital yang mampu menampilkan pelbagai ragam informasi mulai dari konsumsi bbm, trip a-b, dan lainnya.

Dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm, Mitsubishi Xpander memiliki dimensi paling besar di kelasnya. Hal ini seketika berimbas pada ruang kabin yang betul-betul luas, yang dapat memberi ruang yang cukup lega untuk 7 orang dewasa.

Luasnya kabin Mitsubushi Xpander juga memberi keleluasaan lebih untuk penghuni baris kedua yang bisa mengontrol posisi duduknya dengan fitur sliding dan reclining, dan apabila tempat duduk tengah baris kedua tidak digunakan, Anda dapat menurunkan arm rest untuk kenyamanan dalam perjalanan jauh.

Soal kepraktisan, Mitsubishi Xpander juga boleh bangga hati dengan sempurna 18 slot penyimpanan di ketiga baris mobil. Mulai dari glove box, side pocket, sampai tempat penyimpanan di bawah bangku dan bagasi. Hadir juga tiga buah power socket yang terbagi di tiap-tiap baris kursi, memudahkan Anda untuk mengisi energi gadget di manapun Anda duduk.

Fitur Keamanan Mitsubushi Xpander Mumpuni

Mitsubushi Xpander memiliki fitur RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) dan HSA (Hill Start Assist) yang meSelain punya desain body yang sungguh-sungguh keren, Mitsubishi Xpander juga dirancang dengan keamanan sebagai fokus. Mitsubishi mengadopsi teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), konstruksi rangka yang telah jadi standar di line-up Mitsubishi kekinian.

Untuk fitur keamanan pasif, dual-SRS Airbag telah menjadi standar di semua varian, seperti itu juga dengan sabuk pengaman tiga titik yang mengakomodir ketujuh penumpang.

Soal fitur keamanan aktif, Mitsubishi Xpander menyematkan Anti-lock Braking System (ABS) sebagai standar di segala fitur, begitu juga dengan Emergency Berhenti Signal System (ESS), yang secara otomatis menyalakan lampu hazard ketika mengerem dalam keadaan darurat.

Khusus Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate, ABS yang hadir juga sudah dilengkapi Brake Assist (BA), hadir juga fitur bantuan mengemudi lainnya seperti Hill Start Assist (HSA) dan Active Stability Control (ASC).

Mesin dan Performa

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.499 cc dengan kode 4A91 dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Kekuatan yang diwujudkan berkisar 103 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang diperoleh di 4.000 rpm.

MIVEC sendiri yaitu teknologi yang dioptimalkan Mitsubishi untuk mewujudkan energi optimum di bermacam keadaan jalan, bagus itu perkotaan yang identik dengan kemacetan ataupun jalan tol. Walhasil, performa dan konsumsi BBM bisa dioptimalkan di saat beriringan.

Sebagai catatan, mesin ini hadir dalam dua pilihan transmisi. Otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Daya dan handling Mitsubushi Xpander

Dalam tes ini, kita akan membahas bagaimana kinerja dan handling Mitsubishi Xpander transmisi otomatis. Secara akselerasi, mobil ini awam saja, dari 0-100 km/jam menghabiskan waktu 13,8 detik.

Melainkan, hal hal yang demikian terobati dengan tenaga yang cukup responsif semenjak putaran bawah, dengan perpindahan gigi yang terasa lembut, tidak ada yang namanya hentakan khas kendaraan beroda empat otomatis terjadi di sini.

Secara handling, Mitsubishi Xpander pun cukup impresif berbekal cara kemudi Electronic Power Steering (EPS), yang membuat setir terasa ringan tapi dengan feedback yang oke.

Sementara itu, pemilihan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam yang dipakai oleh Mitsubushi Xpander sepertinya disetting lebih soft, walhasil kabin mobil masih terasa amat nyaman ketika melintasi jalan yang tidak semacam itu ideal, pun dengan beban enam orang di dalam mobil.

Konsumsi bahan bakar Mitsubushi Xpander

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Dalam Kota : 12 km/liter

Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander juga termasuk efisien, kami mencoba di jalur perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, akhirnya 12 km/l tercatat di MID.

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Luar Kota : 19,8 km/liter

Walaupun untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/jam, konsumsi bensin malahan mampu menyentuh 19,8 km/l. Angka yang betul-betul impresif untuk sebuah LMPV.

Resume

Mitsubishi Xpander hadir sebagai game changer dalam kompetisi LMPV. Hadir dengan desain yang sangat futuristik dan out-of the box, dipadukan kemewahan interior dan powertrain yang cukup mumpuni, rasanya kendaraan beroda empat ini dapat dilirik apabila Anda mencari sebuah LMPV baru.Bukan itu saja, Mitsubishi Xpander juga sudah menggunakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve-timing Electronic Control). Teknologi hal yang demikian tepat sasaran membikin mesin kendaraan beroda empat menghasilkan daya yang lebih besar, melainkan dengan masih menekan konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, Mitsubishi Xpander ini dapat lebih hemat konsumsi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Hubunngi:  ARYO
whatsaapp : 082326691646